Minggu, 07 Juni 2009

Sukses Adalah Sebuah Perjalanan

Berjalanlah Dengan Tenang Namun Penuh Kepastian

Percayakah Anda bahwa tanpa kita sadari kita seringkali menganggap orang-orang yang lebih dulu sukses dari kita seakan-akan mereka adalah orang hebat.

Tidak hanya itu, kita juga sering tanpa sadar berpikir mereka mencapai kesuksesannya hanya dalam waktu yang singkat, makanya predikat hebat melekat pada diri orang-orang sukses. Padahal kita sama-sama luar biasanya dengan orang-orang sukses.

Satu hal yang jarang kita lihat dari orang sukses adalah bagaimana mereka menapaki perjalanan suksesnya. Bagaimana mereka sampai ”berdarah-darah” memperjuangkan kesuksesannya.

Tidak sedikit saya menemui orang, baik itu di dunia online maupun di dunia, yang sering mendengar ungkapan-ungkapan seperti : ”sukses adalah sebuah perjalanan”, ”sukses adalah sebuah proses”, ”sukses adalah … ”. Tapi apa? Mereka ngga ngerti sama sekali maksud terdalam dari semua ungkapan itu.

Memang suatu hal yang wajar bila kita sebagai manusia inginnya yang mudah, praktis, simpel, tapi bisa menghasilkan banyak hal. Akan tetapi ada hukum Tuhan yang tidak bisa kita pungkiri sama sekali. Apa itu? Hukum Proses dan Paket Sukses.

HUKUM PROSES

Segala sesuatu yang ada di alam semesta ini tumbuh dan berkembang luar biasa adalah karena proses yang terjadi di dalamnya. Tidak ada sesuatu yang sim salabim muncul begitu saja.

Contoh :

* Terbentuknya alam semesta selama milyaran tahun yang diawali sebuah ledakan 2 bintang (Big Bang Theory).
* Proses penciptaan manusia yang setahap demi setahap, sebagaimana yang dijelaskan pada kitab suci kita (dalam hal ini saya merujuk pada Al-Qur’an).

Jadi apapun bentuknya selalu ada awal, proses, dan akhir. Begitu pula dengan perjalanan sukses Anda. Tidak bisa Anda memulai tahu-tahu berharap sudah sampai di finish dan Anda menjadi seorang pemenang.

Selalu ada proses di dalamnya yang menuntut Anda untuk selalu belajar dan berkembang. Inilah perjalanan panjang dan berat yang harus Anda lalui.

Jika Anda baru memulainya saat ini, jangan langsung berlari. Berjalanlah dulu dengan perlahan. Bila sudah stabil, berjalanlah lebih cepat dan biarkan itu menjadi irama baru Anda sekarang.

Bila Anda sudah benar-benar kuat, maka berlarilah hingga kesuksesan tersebut yang mengejar Anda. Dan lahirlah pemenang baru di dalam kehidupan ini. Siapa, itulah Anda.

Yakinlah ketika semua perjalanan sukses itu Anda lalui dengan kesabaran dan penuh keikhlasan, maka akan menjadi suatu cerita yang menarik ketika nanti Anda berdiri di ”panggung kemenangan” dan bercerita bagaimana proses yang Anda lalui. Suatu cerita yang akan membuat dunia menghargai Anda, apapun profesi yang membuat Anda sukses.

Camkan baik-baik bahwasanya sebuah kesuksesan besar adalah kumpulan dari kesuksesan-kesuksesan kecil yang sudah terwujud. Dan setiap satu bagian kesuksesan memerlukan waktu. Jadi tidak bisa bila Anda mengharapkan jadi orang sukses seketika.

Anda harus terbiasa melakukannya setahap demi setahap dan mengikuti prosesnya. Lakukan mulai dari langkah-langkah sederhana hingga akhirnya tanpa Anda sadari Anda sudah sukses.

space

PAKET SUKSES

Tidak saya bahas disini panjang lebar karena sudah pernah saya posting di artikel terdahulu. Anda bisa membacanya disini.

Yang bisa saya simpulkan adalah tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan. Setiap kesuksesan selalu beriringan dengan kegagalan-kegagalan kecil. Itu sudah hukum alam, bahwa sukses dan kegagalan adalah satu paket yang tidak terpisahkan. Anda harus menerima keduanya.

Mengingat panjangnya perjalanan sukses yang akan Anda tempuh dan juga betapa melelahkannya hingga bahkan menguras fisik, mental, pikiran, dll, maka sangat diperlukan visi yang kuat dan tepat.

Visi inilah yang akan menjadi penuntun sekaligus motivator alami Anda dalam menghadapi segala rintangan yang akan menghadang. Sehingga Anda bisa tetap tegar dan selalu mantap dalam melangkah.

Pernah mendengar cerita perjalanan menuju sukses yang begitu pahit? Kira-kira kenapa orang sukses tersebut bisa bertahan hingga sukses? Jawabannya adalah karena mereka memiliki visi yang kuat dan fokus terhadap visinya, bukan pada masalahnya.

Jangan pernah patah semangat, karena setiap orang punya hak untuk sukses. Buang jauh-jauh dari pikiran Anda bahwa kesuksesan itu adalah faktor nasib. Semua itu adalah pilihan, apakah Anda mau hidup sukses atau hidup biasa-biasa saja. Hati-hati juga dengan penyakit-penyakit pikiran yang akan membuat Anda goyah dan mundur dari arena pertarungan.

Sebagai penutup saya ingin mengambil suatu analogi sederhana. Anda pernah melihat bintang di langit? Kira-kira bintang bersinar terang ketika langit gelap (malam hari) atau langit terang (siang hari)?

Itulah perumpamaan kesuksesan. Tuhan menciptakan masalah ketika kita mencoba meraih kesuksesan ada tujuannya. Pertama, agar Anda tumbuh menjadi menusia yang lebih kuat. Yang kedua, agar kesuksesan Anda terasa lebih manis. Bayangkan, lebih enak mana cerita perjalanan sukses yang berliku-liku atau yang lurus-lurus tahu-tahu sukses?

Yang terpenting, imbangi usaha Anda dengan doa. Tidak ada kesuksesan tanpa anugerah dan rahmat dari Sang Khalik. Berjalanlah setapak demi setapak dan nikmati prosesnya. Itulah perjalanan sukses Anda.

Semoga artikel ini bisa menjadi bahan bakar awal Anda dalam menempuh perjalanan sukses 1 tahun kedepan. Selamat menempuh perjalanan sukses Anda, saya tunggu di puncak kesuksesan…

“HAPPY NEW YEAR 2009”

Salam Sukses,

Photobucket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Archive